DEPO SAMPAH DESA BAROQAH

Depo sampah ini berlokasi di Jalan Veteran


Ibu-ibu yang memisahkan dan membersihkan limbah pelastik

Mesin daur ulang limbah botol pelastik (tampak bawah)

Limbah pelastik yang sudah bersih dan dibedakan berdasarkan jenisnya

Siap dikirim ke Banjarmasin

Limbah sampah yang sudah dihancurkan dan dijemur di bawah terik matahari


Depo sampah ini berlokasi di Jalan Veteran (Jalan samping Kantor Desa Baroqah). Pembuangan sampah untuk Desa Baroqah semua disini, dan akan didaur ulang. Beberapa pekerja ada yang bertugas membersihkan limbah pelastik, memisahkan jenis-jenis pelastik yang berbeda dan yang lainnya.

Setelah dibersihkan oleh ibu-ibu pekerja, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Proses ini memerlukan waktu yang cukup lama karena melihat kondisi sampah yang banyak. Lokasi depo sampah ini cukup bersih karena dibedakan berdasarkan jenis pelastik dan bentuknya.

Limbah sampah yang sudah dibedakan dan kering ini pun langsung dimasukan ke mesin penghancur (daur ulang). Lalu dijemur di bawah panas terik matahari di depan lokasi menggunakan terpal.

Kemudian dibungkus dan siap dikirim ke Banjarmasin. Limbah pelastik ini pun nanti akan diolah kembali menjadi botol pelastik dan lainnya, dan dijual lagi. Untuk pengolahan menjadi botol dan lainnya sendiri berlokasi di daerah Jawa.

Unknown

Desa yang berdiri sejak 3 September 2007 di Jaalan Veteran RT 07 ini memiliki luas lahan 553 Ha. Desa Baroqah juga memiliki lebih dari tiga belas ribu jiwa penduduk, dan angka ini terus bertambah setiap tahunnya.

No comments:

Post a Comment